Halaman

24 Nov 2011

Tips memilih ERP software

Berikut adalah beberapa tips bagaimana cara memilih ERP yang sesuai bagi perusahaan:
1.       Knowledge & Experience
Knowledge adalah pengetahuan tentang bagaimana cara sebuah proses seharusnya dilakukan, jika segala sesuatunya berjalan lancer. Experience adalah pemahaman terhadap kenyataan tentang bagaimana sebuah proses seharusnya dikerjakan dengan kemungkinan munculnya permasalahan. Knowledge tanpa experience menyebabkan orang membuat perencanaan yang terlihat sempurna tetapi kemudian terbukti tidak bisa diimplementasikan. Experience tanpa knowledge bisa menyebabkan terulangnya atau terakumulasinya kesalahan dan kekeliruan karena tidak dibekali dengan pemahaman yg cukup.

2.       Selection Methodology
Ada struktur proses seleksi yang sebaiknya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam memilih ERP. Proses seleksi tidak harus selalu rumit agar efektif. Yang penting organized, focused dan simple. Proses seleksi ini biasanya berkisar antara 5-6 bulan sejak dimulai hingga penandatanganan order pembelian ERP.

3.       Analisa Business Strategy
§  Bagaimana level kompetisi di pasar dan apa harapan dari customers?
§  Adakah keuntungan kompetitif yang ingin dicapai?
§  Apa strategi bisnis perusahaan dan objectives yang ingin dicapai?
§  Bagaimana proses bisnis yang sekarang berjalan vs proses bisnis yang diinginkan?
§  Adakah proses bisnis yang harus diperbaiki?
§  Apa dan bagaimana prioritas bisnis yang ada dan adakah rencana kerja yang disusun untuk mencapai objektif dan prioritas tersebut?
§  Target bisnis seperti apa yang harus dicapai dan kapan?

4.       Analisa People
§  Bagaimana komitment top management thd usaha untuk implementasi ERP?
§  Siapa yg akan mengimplementasikan ERP dan siapa yg akan menggunakannya?
§  Bagaimana komitmen dari tim implementasi?
§  Apa yg diharapkan para calon user thd ERP?
§  Adakah ERP champion yg menghubungkan top management dgn tim?
§  Adakah konsultan dari luar yg disiapkan untuk membantu proses persiapan?

5.       Analisa Infrastruktur
§  Bagaimanakah kelengkapan infrastruktur yang sudah ada (overall networks, permanent office systems, communication system dan auxiliary system)?
§  Seberapa besar budget untuk infrastruktur?
§  Apa infrastruktur yang harus disiapkan?

6.       Analisa Software
§  Apakah software tsb cukup fleksibel dan mudah disesuaikan dengan kondisi     perusahaan?
§  Apakah ada dukungan service dari supplier, tidak hanya secara teknis tapi juga untuk kebutuhan pengembangan sistem di kemudian hari?
§  Seberapa banyak waktu untuk implementasi yg tersedia?
Apakah software memiliki fungsi yang bisa meningkatkan proses bisnis perusahaan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar